Rabu, 16 November 2016

Telinga Berdenging Menganggu Kenyamanan Anda? Segera Atasi Tinitus dengan Akupunktur


   Tinitus merupakan gangguan pendengaran berupa adanypersepsi suara tanpa sumber suara dari luar yang biasanya berupa suara berdenging atau berdengung. Tinitus banyak terjadi pada orang dewasa rata-rata sebesar 10-15% dari seluruh populasi didunia dan baru-baru ini ditemukan peningkatan menjadi 29.6−30.3% pada lansia. Sedangkan tinitus pada orang yang mengalami gangguan pendengaran berjumlah lebih banyak yaitu mencapai 70%-80%. Tinitus disebabkan oleh beragam penyebab. Tinitus dapat disebabkan oleh gangguan telinga dalam seperti tuli mendadak dan acustic neuroma, dapat juga disebabkan oleh gangguan lain seperti penyakit meiere, dan tuli konduktif. Selain itu, penyebab   lain   tinitus   adalah   tinitus   idiopatik   yang   tidak   diketahui penyebabnya. Namun, penyebab tersering tinitus adalah karena terpapar suara bising yang berlebihan.
Tinitus  dapat  memengaruhi  kualitas  hidup  penderita  dan  dikeluhkan sebagai suatu gejala yang berbahaya. Sekitar 2,2% penderita mengeluh mengalami gangguan yang parah. Sekitar 64% penderita tinitus mengeluhkan mengalami tinitus yang sering atau setiap waktu dan 4% penderita merasa sangat terganggu dengan tinitusnya. Tinitus memiliki efek yang signifikan terhadap kualitas hidup penderita. Tinitus dapat disertai dengan depresi, kecemasan, insomnia, dan sakit kepala serta beberapa penderita menjadi mudah tersinggung atau mengalami hipersensitif. Kegelisahan dan depresi merupakan gejala yang paling sering timbul akibat tinnitus. Beberapa efek yang diakibatkan oleh tinnitus tentunya sangat menganggua aktivitas penderitanya, oleh karena itu penanganan yang tepat sangat diperlukan agar dapat memperbaiki kualitas hidup penderita. Penanganan yang aman dan efektif bagi penderita tinnitus salah satunya yaitu akupunktur medis.
Akupunktur medis pada awalnya merupakan pengobatan tusuk jarum yang berasal dari China. Seiring berjalnnya waktu, pengobatan akupunktur telah diresmikan oleh WHO (World Health Organization) dan saat ini banyak berkembang sebagai pengobatan di dunia kedokteran barat. Beberapa penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 membuktikan bahwa akupunktur efektif untuk menangani tinnitus, bahkan beberapa penelitian membuktikan akupunktur lebih efektif dibandingkan pengobatan medis barat untuk tinnitus. Berikut ini adalah mekanisme kerja akupunktur untuk menangani tinnitus:
1.    Akupunktur menstimulasi koklea terutama pada bagian aktivitas kontraktil sel rambut luar.
2.    Akupunktur bekerja pada fungsi sistem eferen olivocochlear untuk menekan emisi otoacoustic
3.    Akupunktur mengubat zat kimia dalam otak dengan meningkatkan neuropeptide Y dan menurunkan serotonin
4.     Mengurangi inflamasi dengan meningkatkan fungsi vaskularisasi dan menstimulasi zat zat immunomodulator
5.    Meningkatkan sirkulasi lokal sehingga mengurangi pembengkakan didalam telinga

 . 
Jika anda mengalami tinnitus walaupun dirasakan tidak terlalu menganggu,dianjurkan untuk segera melakukan pengobatan, karena jika dibiarkan tanpa pengobatan dalam waktu yang lama dapat berkembang menjadi tinnitus yang parah dan menganggu fungsi pendengaran. Pengobatan akupunktur medis tentunya merupakan salah satu penanganan yang disarankan karena aman dan tanpa efek samping, serta telah terbukti efektifitasnya dalam menangani kasus tinnitus.

Selain itu, berikut ini berbagai gangguan kesehatan lainnya yang dapat diatasi dengan Akupunktur :
-       Berbagai Keluhan Nyeri seperti Nyeri Kepala (Headache, Vertigo, Migrain), Nyeri Bahu (Frozen Shoulder), Nyeri Leher  (Stiff Neck), Nyeri Lambung (Gastritis, Maag), Nyeri Pasca Herpes, Nyeri Pinggang (LBP), Saraf Terjepit (HNP), Nyeri Mestruasi (Disminorea), Angina Pectoris, Nyeri pada Wajah (Trigeminal Neuralgia), Tic Facialis (Kedutan pada Wajah), Fibromyalgia, Myalgia dll.
-       Kelainan Fungsional seperti Asma, Alergi, Insomnia, Mual pada Kehamilan, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Infertilitas (Gangguan Kesuburan) dll.
-       Kelainan Sistem Saraf seperti Kelumpuhan Otot Wajah (Bells Palsy), Stroke, Parkinsons, Neuropati, Vertigo, Migrain, Kesemutan, Neuritis, Epilepsi, Paralisis, Multiple Sclerosis, Alzheimer, dll.
-       Keadaan terkait dengan kecantikan dan kebugaran seperti Kegemukan (Obesitas), Jerawat, Penuaan Dini (Aging), Kerutan Wajah (Wrinkle), Rambut Rontok dan Kebotakan (Alopecia), Peningkatan Stamina, Meningkatkan Nafsu Makan, Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Fokus Anak, Meningkatkan Produksi ASI (Induksi Laktasi) dan lain-lain
-       Untuk sakit fisik oleh karena masalah psikologi atau pikiran seperti Kecemasaan, Depresi, Adiksi rokok dll, maka terapi akan dipadukan dengan hipnoterapi
.
Klinik Terapi Medis Pakualaman
“Layanan Bersahabat Menuju Sehat”

Pelayanan Klinik Terapi Medis Pakualaman
-       Akupunktur Medis
-       Hypnoterapy
-       Fisioterapi
-       Akupressure
-       Reflexology
-       Bekam
-       Totok dan Massage Wajah
-       Sunat/Khitan Balita,Anak,Dewasa

Biaya terapi akupunktur
-       Reguler Rp 60000
-       Paket 12x terapi Rp 600000

Buka Setiap Hari
-       Senin-Sabtu : 08.00 s/d 20.00
-       Minggu : 09.00 s/d 16.00

Informasi lebih lanjut 
-       Klinik PUSAT:
Jl. Purwanggan no.55A (timur kantor polsek pakualaman), Yogyakarta 0274-562996 / 085101152116 / 087843132878
WA : 082137235893 / 087838336309
-       Klinik Cabang Sleman: Gandok, Wedomartani, Ngemplak Sleman (0274-870327)
-       Klinik Cabang Muntilan: Jl. Raya Gulon, Salam Magelang (Depan SMPN 1 Salam ) dari arah jogja 100 meter sebelum pertigaan Gulon (lampu merah baru) 082220842233 / 085966550070



Tidak ada komentar:

Posting Komentar