Minggu, 20 November 2016

Keefektifan akupunktur untuk mengatasi nyeri kepala

Nyeri kepala apalagi yang tidak tertahankan pasti akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat- obatan pereda nyeri. Akan tetapi, bila nyeri kepala ini kerap datang, beberapa orang memilih untuk mencari solusi lain di samping pengobatan yang biasa mereka gunakan.
Akupuntur, sebagai terapi tradisional dari tanah Tiongkok, diklaim bisa menjadi solusi tambahan untuk membantu meredakan nyeri kepala serta mencegah nyeri kepala datang kembali di waktu mendatang.
Namun, benarkah akupunktur efektif untuk mengatasi nyeri kepala?
Akupunktur untuk Nyeri Kepala
Pada sakit kepala. “Jarum-jarum akupunktur bekerja dengan mengirim sinyal ke otak untuk memperbaiki kadar zat-zat kimia saraf (neurochemicals),” kata dr. Kwok-ming James Cheng, yang diwawancarai oleh Acupuncture in Medicine. Jika sakit kepala sering muncul atau berlangsung berhari-hari, sentuhan jarum akupunktur dapat mengurangi frekuensinya. “Akupunktur merupakan sebuah bentuk pencegahan terhadap intensitas dan frekuensi kemunculan sakit kepala,” kata dr. Klaus Linde, peneliti dari Technical University Munich di Jerman. dr. Linde menemukan bahwa hampir setengah dari pasien yang menerima terapi akupunktur, melaporkan mengalami penurunan sakit kepala hingga 50%. Bandingkan dengan penurunan sebanyak 16 persen pada pasien yang menerima pengobatan dengan obat penghilang rasa sakit dan pengobatan pengganti lainnya.
Secara umum, akupuntur dipercaya mampu menstimulasi sel-sel saraf dan memicu pelepasan molekul kimia dalam tubuh. Molekul ini berperan dalam menciptakan rasa nyaman secara fisik maupun mental. Stimulasi titik-titik tertentu dalam akupuntur juga turut berpengaruh dalam menurunkan persepsi rasa nyeri dan stres. Selain mekanisme tersebut, akupuntur juga membantu tubuh melepaskan endorfin (senyawa tubuh yang membuat kita merasa senang dan merasa nyaman), meredakan peradangan, serta meningkatkan kelancaran peredaran darah di sekitar daerah akupuntur.
Begitu besarnya peranan akupuntur dalam membantu mengatasi keluhan nyeri kepala menjadikannya terbuka sebagai salah satu solusi untuk membantu mengurangi tingkat keparahan dan mengurangi risiko kekambuhan nyeri kepala di kemudian hari. Akan tetapi perlu diingat, akupuntur tidak dapat berdiri sendiri.
Penanganan nyeri kepala yang terbaik hendaknya mengombinasikan berbagai faktor, seperti perubahan gaya hidup, olahraga, istirahat.
Penelitian Soal Akupunktur
Penelitan tersebut membandingkan banyak penelitian sebelumnya yang berasal dari berbagai belahan dunia. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa akupuntur memang secara signifikan berperan dalam mengurangi keluhan nyeri kepala, baik migrain maupun TTH. Bahkan pada kasus migrain, akupuntur terbukti membantu mengurangi frekuensi kekambuhannya hingga tiga sampai empat bulan kemudian.
*diambil dari berbagai sumber*

Pelayanan Klinik Terapi Medis
-Akupunktur
-Hypnoterapy
-Fisioterapi
-Akupressure
-Reflexology
-Bekam
-Totok dan Massage Wajah
-Sunat/Khitan Balita,Anak,Dewasa
Biaya terapi akupunktur
Reguler Rp 60000
Paket 12x terapi Rp 600000
Buka Setiap Hari
Senin-Sabtu : 08.00 s/d 20.00
Minggu : 09.00 s/d 16.00 

Informasi lebih lanjut 
0274-562996/ 085101152116/ 087843132878/082137235893
Jl. Purwanggan no.55A (timur kantor polsek pakualaman), Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar