Minggu, 20 November 2016

Penelitian Kefektifan Terapi Akupunktur untuk penderita bell's palsy


Konsep awal akupuntur yang sebenarnya adalah tentang keseimbangan aliran bioenergi yang disebut chi yang dihasilkan dari titik-titik yang dirangsang tersebut, dan jika tubuh sudah dalam keadaan seimbang, maka akan tercipta sebuah kondisi yang disebut yin-yang, yaitu kondisi seimbang tubuh dari dua sifat yang berlawanan. Dalam pandangan medik, terapi akupuntur ini bertujuan untuk merangsang titik-titik fisiologis tubuh agar kembali normal pada suatu penyakit atau dengan kata lain kembali ke dalam sistem keseimbangan (homeostasis). Konsep dasar pengobatan akupuntur medik adalah neuroscience, yakni penusukan titik-titik akupuntur yang dapat menstimulasi saraf tertentu yang berguna bagi kesehatan. Efek penusukan akupuntur sendiri dapat menimbulkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) sehingga membuat aliran darah semakin lancar yang berefek pada kebugaran seseorang dikarenakan peningkatan asupan O2 ke seluruh tubuh. Rangsangan yang timbul akibat penekanan titik-titik akupuntur tersebut juga akan dapat meregulasi endokrin (mengatur sistem hormon) dan jika akupuntur di berikan kepada penderita lumpuh wajah (bell’s palsy), maka rangsangan yang diberikan tersebut dapat membuat saraf-saraf facialis dapat kembali normal.
Penyebab Terjadinya Bell’s Palsy Sebelum kita mengenal lebih jauh bagaimana manfaat akupuntur untuk penderita lumpuh wajah (bell’s palsy), sebaiknya kita mengetahui apa itu bell’s palsy. Bell’s Palsy atau lumpuh wajah adalah keadaan dimana saraf fasialis yang berada di muka menjadi abnormal atau dengan kata lain saraf tersebut mengalami kelumpuhan yang mengakibatkan otot-otot di sekitar wajah tidak berfungsi semestinya Sering terkena angin ialah salah satu penyebab . Mekanisme dari kelumpuhan saraf fasialis tersebut adalah adanya peradangan akut N.facialis di dalam foramen stylomastoideum. Menurut Chusid hal ini belum diketahui primer pada sarafnya atau sekunder pada tulangnya. Kedua poin tersebut dapat disebabkan banyak hal, yaitu terkena hempasan angin secara langsung pada daerah muka, tumor, fraktura (patah tulang). Terpaan angin yang dingin masuk ke dalam foramen stylomastoideum, menyebabkan nervus yang disekitar wajah mengalami pembengkakan.
Mengapa Akupuntur ? Saraf fasialis yang mengalami kelumpuhan tersebut ternyata bisa dirangsang dengan terapi akupuntur, yaitu menusukkan jarum ke bagian yang mengalami lumpuh wajah tersebut untuk merangsang kembali titik-titik saraf yang sudah mengalami parese (kelumpuhan) tersebut. Jarum-jarum tersebut ditusukkan di titik-titik saraf di bagian tertentu untuk mendapatkan suatu sinyal positif. Selain itu, Akupuntur adalah pengobatan yang mempunyai resiko paling kecil di antara pengobatan-pengobatan barat saat ini Pernyataan di atas adalah suatu kenyataan yang harus di amati para dokter saat ini, akupuntur mempunyai tingkat resiko lebih rendah jika dibandingkan dengan pengobatan-pengobatan medik yang sudah sering dilakukan pada penderita lumpuh wajah atau bell’s palsy. Pengobatan-pengobatan tersebut mempunyai resiko tinggi seperti cacat seumur hidup dalam pembedahan dan pemberian antibiotika yang tidak sesuai.
*diambil dari berbagai sumber*

Klinik Terapi Medis Pakualaman
"Layanan Bersahabat Menuju Sehat"
Pelayanan Klinik Terapi Medis :
-Akupunktur
-Hypnoterapy
-Fisioterapi
-Akupressure
-Reflexology
-Bekam
-Totok dan Massage Wajah
-Sunat/Khitan Balita,Anak,Dewasa
Biaya terapi akupunktur
Reguler Rp 60000
Paket 12x terapi Rp 600000
Buka Setiap Hari
Senin-Sabtu : 08.00 s/d 20.00
Minggu : 09.00 s/d 16.00
Informasi lebih lanjut
0274-562996/ 085101152116/ 087843132878/082137235893
Jl. Purwanggan no.55A (timur kantor polsek pakualaman), Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar